Minggu, 13 Maret 2016

Diskusi filsafat tentang ruang dan waktu


Tugas Mata Kuliah Pengantar Filsafat Ilmu yang Dibina Bapak Sunoto, Dr., M.Pd.
Kelompok 4
Agista Indriawati        (150212607736)
Evi Indriani                 (150212607384)
Maria Rosalina            (150212607467)
Rassel Akbar               (150212605665)
Zuni Lilaifi                  (150212603315)

Filsafat Tentang Ruang dan Waktu
Manusia dapat mengukur ruang dan waktu, hal ini berkaitan dengan logika manusia padahal dalam konteks logika Tuhan hidup adalah “satu detik”. Secara ilmiah ruang adalah tempat di mana benda-benda berada terkait oleh panjang, lebar, tinggi, dan volume. Ada misteri ruang yang tidak mampu di logika oleh manusia, tentang ruang langit yang tanpa batas lalu apakah ada ruang kosong di atas langit? Sedangkan waktu adalah perpindahan saat ke saat lainnya. Ada misteri tentang waktu yaitu bentuk waktu dan bagaimana warna waktu? Hal itu tidak dapat di logika oleh manusia.
Dalam memahami ruang dan waktu, pengertian ruang dan waktu tidak dapat ditinggalkan dalam bahasan ini. Pengertian ruang dan waktu menurut para ahli adalah sebagai berikut.
1)      Menurut Newton ruang dan waktu adalah objektif, mutlak, dan bersifat universal. Ruang mempunyai tiga matra, yaitu atas-bawah, depan belakang, kiri kanan. Sedangkan waktu hanya bermatra depan belakang. Untuk membuktikan bahwa ruang dan waktu bersifat mutlak, Newton mengemukakan hukum gerakan yang hakiki dari fisika kuno sebagai berikut: “Suatu benda terus berada dalam diam atau bergerak, kecuali mendapat pengaruh dari suatu keadaan yang terdapat di luar dirinya.” Jadi di sini gerakan bersifat mutlak yang terjadi dalam ruang dan waktu dengan demikian ruang dan waktu juga bersifat mutlak.
2)      Menurut Einstein ruang dan waktu bersifat relatif. Ruang bergantung pada pengamatnya. Ruang merupakan semacam hubungan antara benda-benda yang diukur dengan cara-cara tertentu. Dengan demikian apabila pengukurannya dilakukan dengan cara berbeda maka hasilnya akan berbeda. Waktu bersifat relatif karena hasil pengukurannya terhadap hubungan  yang menyangkut waktu bergantung pada pengertian keserampakan, apabila sesuatu terjadi misalnya ledakan maka kuatnya bunyi akan berbeda di berbagai tempat. Selanjutnya H.A. Lorentz membuat suatu teori “ persamaan transformasi” yang menggambarkan tentang hubungan antara cara pengukuran jarak dan cara pengukuran waktu yang menyangkut dua pengamat yang mempunyai kerangka acuan yang berbeda dan bergerak secara lurus yang saling mendekati. Jadi, jarak merupakan ukuran untuk menentukan ruang. Begitu juga dengan transformasi hubungan antara ruang dan waktu. Dengan begitu kita tidak akan mengetahui waktu dengan tepat apabila tidak memperhitungkan ukuran ruang, sebaliknya kita tidak akan mengetahui ruang secara tepat apabila tidak mempehitungkan ukuran waktu. Menurut Einstein tidak ada waktu yang bersifat mutlak, tidak ada ruang yang terpsah dari waktu yang ada hanya ruang-waktu. Keduanya merupakan satu kesatuan yang menyebabkan timbulnya sebuah kenyataan.
3)      Menurut Alexander, jika kita memahami ruang dan waktu dalam keadaan apa pun maka yang terjadi kita akan memahami benda-benda serta kejadian-kejadian yang sederhana dan mendasar dalam ruang dan waktu. Ruang dan waktu tidak terpisah karena keduanya tampil secara empiris. Artinya jika tidak ada waktu maka tidak ada bagian dari ruang dalam hubungannya dengan waktu demikian sebaliknya. Sebagai contoh kelahiran dan kematian dalam hidup. Kelahiran selalu ditandai dengan senyum kegembiraan karena awal mula hidup sedangkan kematian selalu ditandai dengan tangis karena akhir hidup di dunia. Konsepsi awal dan akhir dalam hidup di dunia mendefinisikan waktu menjadi materi.
Pada dasarnya waktu tetap merupakan hal yag abstrak dan kosong. Waktu adalah intensitas yang berlangsung melalui diri sendiri. Manusia tidak bisa menjangkau, mengendalikan, apalagi membagi-baginya dalam kalender atau buku agenda. Yang terjadi sebaliknya, manusia terperdaya dan dikendalikan waktu. Karena itu, penyesalan selalu datang setiap akhir menandai bahwa kesadaran menusia tentang waktu terjebak pada pandangan materialisme. Segalanya seolah-olah bisa ditaklukkan termasuk waktu tetapi waktu bisa dikendalikan oleh manusia.
Waktu adalah keabadian yang tidak akan dimaterialisasikan oleh manusia. Aristoteles menyebut waktu sebagai kontinium yang selalu berkaitan dengan gerakan. Dengan demikian waktu tidak memiliki batas dan setiap saat adalah awal dari waktu masa depan dan akhir dari masa lalu. Awal dan akhir tahun hanyalah ilusi manusia dalam memaknai waktu,sebagai wujud ketidakmampuan melampaui waktu yang tak terbatas. Waktu adalah keabadian dalam hidup manusia.
Terdapat kajian tentang ruang dan waktu sebagai berikut.
1.      Konsep Ruang dan Waktu
Elisabeth Stroker menjelaskan tentang ketidakterpisahan antara konsep ruang dan
dunia. Berbeda dengan konteks fisika ruang dan waktu hanya sebatas fisis sedangkan menurut Islam untuk memahami konsep ruang dan waktu secara kultural maupun sains maka dihubungkan antara konsep yang ada dalam sains dengan konsep dari Al-Qur’an. Dalam bahasan ini, ada tiga konsep sebagai berikut.
a)      Konsep ruang dan waktu mutlak fisika klasik
Pandangan Newton terhadap ruang dan waktu memberi suatu kerangka nalar dasar yang membantu kita memahami sejumlah gejala alam. Sebagai contoh pernyataan yang umum dikenal sebagai asas kelembaman (inersia) Galileo mengatakan bahwa sebuah benda yang diam cenderung diam kecuali ada gaya luar. Jadi, hukum asas kelembaman tidak berlaku dalam kerangka acuan yang mengalami percepatan kecuali dengan kecepatan tetap.
b)      Konsep ruang dan waktu modern
Terdapat dua asumsi yaitu, asas relativitas dan asas kecepatan cahaya yang konstan untuk menguji konsep ruang dan waktu yang mutlak. Asas reativitas tidak untuk membedakan suatu sistem dengan sistem yang lain, sebagai contoh seseorang yang berada dalam ruang diam (gerbong kereta api) melihat keluar melalui jendela maka seseorang itu tidak akan yakin sebenarnya mana yang bergerak. Asas kecepatan cahaya yang konstan, artinya kecepatan dalam ruang kosong selalu tetap bebas dari gerakan sumber cahaya maupun pengamat. Efek dari teori relativitas Einsten adalah
1)      Perkiraan keberadaan lubang hitam
Frekuensi suatu foton cahaya dipengaruhi oleh gravitasi artinya cahaya tidak dapat melepaskan diri dari suatu benda yang memiliki gravitasi. Benda ini disebut lubang hitam.
2)      Lubang cacing
Keadaan yang sama dengan rumus terbentuknya lubang hitam namun dalam lingkup yang kecil.
3)      Ruang waktu yang memuai
Alam semesta (ruang dan waktu) dianggap terus memuai, menyebabkan setiap galaksi bergerak menjauhi galaksi lainnya. Teori ini menyatakan bahwa alam semesta telah berumur lebih kurang 12 milyar tahun.

c)      Ruang dan waktu menurut Al-Qur’an
Istilah waktu Al-Qur’an menyebutkan 4 bentuk sebagai berikut.
1)      Ajal, waktu yang menunjukkan berakhirnya sesuatu misalnya umur dan hidup manusia.
2)      Dahr, waktu yang menunjukkan sejak diciptakannya alam raya samapi punahnya alam sementara ini.
3)      Waqt, waktu dalam arti batas akhir kesempatan atau peluang untuk menyelesaikan suatu peristiwa. Contohnya, sholat adalah kewajiban kepada orang Mukhmin yang tertentu waktu-watunya.
4)      Ashr, waktu menjelang terbenamnya matahari. Kata ashr memberi kesan bahwa saat-saat yang dialami oleh manusia terutama waktu menjelang terbenam matahari harus diisi dengan kerja dan memeras pikiran.
Jadi, ruang dan waktu mempunyai pengertian yang berbeda pada setiap kerangka berpikir yang berbeda. Ruang dan waktu mengalami perkembangan pengertian mulai dari masa kalsik hingga masa modern. Dalam kerangka berpikir klasik ruang dianggap bersifat mutlak sedangkan dalam kerangka berpikir modern ruang dan waktu bersifat relatif. Dalam Al-Qur’an ruang dan waktu mempunyai pengertian yang sama dengan kerangka berpikir modern akan tetapi pengertian yang bersifat kultural juga diberlakukan terhadap istilah waktu.

2.      Keterkaitan atau konduktivitas antara ruang dan waktu
Aspek waktu tidak selalu ditunjukkan dengan tanggal, bulan atau waktu, bisa juga dengan kalimat lain. Suatu peristiwa terkait dengan  ruang dan waktu. Suatu peristiwa sering kali tidak berdiri sendiri tetapi merupakan rangkaian peristiwa-peristiwa sebelumnya. Sebagai contoh pasca kemerdekaan yang sudah kita jalani saat ini hasil perjuangan dari pahlawan kita dulu pada era perjuangan. Wajib bagi rakaat Indonesia berterima kasih dan menjaga hal yang sudah diperjuangkan pahlawan yang telah mendahului kita.
Manusia menggunakan ruang atau tempat sebagai tempat tinggal dan melakukan interaksi antara satu dan yang lainnya. Manusia saling menyapa, berkenalan, menegur, dan saling berinteraksi. Manusia tidak dapat hidup sendiri, manusia selalu berhubungan dengan manusia lainnya. Hubungan tersebut tercermin dalam hubungan interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan kunci dalam sendi-sendi kehidupan sosial karena tanpa interaksi, tidak mungkin terjadi aktivitas sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis, baik yang menyangkut hubungan antara individu dengan individu lainnya, antara individu dengan kelompok, maupun antara kelompok dengan kelompok lain. Jadi ruang dan waktu sangat mempengaruhi dan berkaitan dengan kehidupan manusia maupun segala yang ada di bumi.

Daftar Rujukan
Wongalus. 2009. Filsafat Ruang-Waktu Hakekat Ruang dan Waktu, (online), (https://wongalus.wordpress.com/category/filsafat-ruang-waktu/) diakses pada 17 Desember 2015
Strada, Eddy. 2014. Konektivitas Ruang dan Waktu, (online), (http://rpp-smp.blogspot.co.id/2014/08/konektivitas-ruang-dan-waktu.html) diakses pada 17 Desember 2015


Jangan Lupa Baca:
Fungsi Bahasa menurut Jakobson 

4 komentar:

  1. ** BANJIR BANJIR BANJIR UANG DI MEJA **
    VIPbandarQ - YOUR No #1 BandarQ Online Indonesia
    ----------------------------------------------
    Menyediakan 7 Jenis Permainan TerFAVORIT
    BANDAR Q | ADU Q | DOMINO QQ | POKER | CAPSA SUSUN | Bandar Poker | Sakong (New Game) ----------------------------------------------
    Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    ----------------------------------------------
    Bonus Terbesar di VIPbandarQ
    1. Bonus Refferal TANPA SYARAT
    2. Bonus Rolligan TIAP MINGGU
    ----------------------------------------------
    Selalu Ada Kejutan Untuk Member VIPBANDARQ
    ----------------------------------------------
    Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari
    CS ONLINE 24/7
    BBM : 55AB0E6C
    INSTAGRAM : VIPBANDARQORG
    SKYPE : VIPBANDARQ
    FACEBOOK : VIPBANDARQ
    www. VIPBANDARQ. org

    BalasHapus
  2. materinya sudah bagus, tapi masih kurang jelas dalam pengambilan kesimpulannya.

    BalasHapus
  3. meterinya bagus . . yang saya simpulkan dari meteri ini adalah . . ruang di ibaratkan tujuan . seperti halnya kita hidup harus memiliki tujuan, sepertikita hidup untuk mencari bekal kita untuk menuju surga nya alloh . .
    dan waktu . . waktu itu bersifat tak tenru atau abstrak . jadi kesimpulan saya . waktu adalah macam cara . . seperti materi ini . ada banyak cara untuk menafsirkan nya, untuk memahami nya . . artinya tak tentu . . .

    jadi kesimpulan dari perkataan saya adalah . . ada banyak sekali cara di dunia ini untuk kita bisa masuk ke surga . .

    maaf jika ada salah tutur kata saya . . ini hanya pendapat . .

    BalasHapus
  4. Lucky Club Casino Site - Casino site review by Lucky Club
    › casino-sites › casino-sites Lucky Club has everything you luckyclub.live need to enjoy a rewarding gambling experience for new players at the heart of the UK's top online gambling establishment. Lucky Club

    BalasHapus